Jumat, 17 April 2020

SOAL ADMINISTRASI UMUM


SOAL UJIAN SEMESTER

Mapel                          : Administrasi Umum

 

A.    Soal Pilihan Ganda
1.      Barang-barang yang digunakan untuk menghasilkan suatu pekerjaan yang diharapkan di kantor merupakan pengertian dari..
A.    Kertas
B.     Peralatan kantor
C.     Amplop
D.    Perabotan kantor
E.     Ruangan kantor
2.      Fungsi peralatan kantor diantaranya, kecuali..
A.    Sebagai sarana menyimpan arsip
B.     Sebagai alat bantu mempercepat pekerjaan
C.     Untuk meringankan pekerjaan
D.    Membuat tidak efisien pekerjaan
E.     Mempermudah pekerjaan
3.      Suatu kantor dalam melakukan aktifitasnya tidak lepas dari perbekalan yang ada sehingga menghasilkan produk produk kantor yang diharapkan. Apa yang terjadi jika disebuah kantor tidak adanya perbekalan kantor?
A.     Tidak adanya kantor
B.     Kantor tersebut tidak akan menghasilkan suatu pekerjaan kantor
C.     Pekerjaan kantor berjalan dengan baik
D.    Pekerjaan kantor berjalan dengan lancar
E.     Tidak adanya para pegawai
4.      Perbekalan adalah mencakup semua barang yang diperlukan baik barang bergerak maupun barang tidak bergerak sebagai sarana pendukung pelaksanaan tugas. Macam-macam perbekalan kantor sangat beragam, seperti Perbekalan gedung, kantor, dan ruang kelas. Termasuk ke dalam Perbekalan apakah ruang pimpinan, ruang guru, dan kamar kecil…
A.    Perbekalan gedung
B.     Perbekalan tetap
C.     Perbekalan kantor
D.    Perbekalan kantin
E.     Perbekalan tahan lama
5.      Mesin faksimile adalah peralatan komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan dokumen dengan menggunakan satu perangkat yang mampu beroperasi melalu jaringan telepon dengan hasil yang serupa dengan aslinya. Apa fungsi dari mesin faksimile tersebut…
A.    Mampu mengirimkan dokumen secara persis
B.     Memperluas saluran komunikasi
C.     Menghindari mondar mandirnya para pegawai
D.    Menghemat waktu dan Menyampaikan informasi secara efektif 
E.     Media komunikasi verbal jarak jauh
6.      Salah satu contoh hiasan kantor?
A.    vas bunga
B.     computer
C.     meja
D.    mesin fotocopy
E.     kursi
7.      Salah satu contoh perabotan kantor?
A.    vas bunga
B.     bingkai foto
C.    meja
D.    mesin fotocopy
E.     mesin printing
8.      Jenis jenis sarana prasarana habis pakai adalah?
A.    Lemari
B.     Meja
C.    Pulpen
D.    mesin kantor
E.     kursi
9.      Jenis jenis sarana prasarana tidak habis pakai adalah?
A.    Pulpen
B.     Kertas
C.     Tinta
D.    Meja
E.     Pengharum ruangan
10.  Pencahayaan,tata warna,udara,dan suara faktor faktor yang merupakan bagian dari..
A.    Karyawan
B.     Tamu
C.    tata ruang
D.    alat kantor
E.     pekerjaan
11.  Ruangan besar ditempati beberapa pegawai yang bekerja bersama-sama diruangan tanpa dipisahkan oleh penyekat adalah Pengertian Tata ruang Kantor terbuka. Keuntungan menggunakan ini adalah?
A.    Menambah kewibawaan atau status jabatan
B.     Luwes atau fleksibel apabila diperlukan perubahan ruangan dan tidak memerlukan biaya tinggi
C.     Menjamin keberhasilan kerja
D.    Pekerjaan yang bersifat rahasia dapat lebih terjamin
E.     Konsentrasi kerja lebih terjamin
12.  Tata ruang kantor adalah pengaturan dan penyusunan seluruh mesin kantor, alat kantor serta perabot kantor agar para pegawai dapat bekerja dengan baik, nyaman, leluasa agar tercapai efisien dan efektif pada saat kerja. Tujuan tata ruang kantor adalah?
A.    Agar para pegawai merasa bebas melakukan kegiatan pribadinya
B.     Untuk menambah kewibawaan atau status pejabat
C.     Agar pekerjaan yang bersifat rahasia dapat terjamin
D.    Agar kedudukan antara pimpinan dan karyawan tidak nampak jelas
E.     Menjamin kelancaran proses pekerjaan yang bersangkutan
13.  Tata ruang kantor memiliki beragam asas penempatan para pegawai dan alat alat kantor menurut rangkaian yang sejalan dan urut urutan penyelesaian pekerjaan adalah Asas ?
A.    Jarak terpendek
B.     Rangkaian kerja
C.     Perubahan susunan tempat kerja
D.    Penggunaan segenap ruang
E.     Jarak terpanjang
14.  Tata ruang kantor diartikan sebagai pengaturan dan penysunan seluruh mesin kantor serta perabot kantor pada tempat yang tepat. Tata ruang kantor memiliki beragam azaz penempatan para pegawai dan alat alat kantor menurut rangkaian yang sejalan dan urut urutan penyelesaian pekerjaan adalah?
A.    Asas jarak terpendek
B.     Asas rangkaian kerja
C.     Asas perubahan susunan tempat kerja
D.    Asas penggunaan segenap ruang
E.     Asas jarak terpanjang
15.  Apa pengertian Komunikasi
A.    suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi diantara dua orang atau lebih dengan harapan terjadinya pengaruh yang positif atau menimbulkan efek tertentu yang diharapkan.
B.     adanya timbal balik
C.     Hubungan antara 2 orang
D.    Adanya saling respon
E.     Hubungan social antara pekerja
16.  Komunikasi yang berlangsung secara sepihak, dari pihak komunikator saja disebut ..
A.    Komunikasi vertikal
B.     Komunikasi horisontal
C.     Komunikasi diagonal
D.    komunikasi satu arah
E.     Komunikasi dua arah
17.  Dalam proses komunikasi seseorang yang menyampaikan pesan atau lambang-lambang disebut…
A.    Proses komunikasi
B.     Komunikator
C.     Komunikan
D.    Komponen
E.     Respon
18.  Suatu bentuk komunikasi dimana cara penyampaian  pesan,  berita, informasi dari pihak komunikator kepada komunikan melalui gerakan-gerakan tubuh atau bahasa isyarat (body language)disebut...
A.    Komunikasi verbal
B.     Komunikasi non verbal
C.     Komunikasi satu arah
D.    Komunikasi linier
E.     One way communication
19.  Keuntungan dari penyampaian pesan secara tertulis adalah
A.    Adanya peluang untuk mengontrol pesan
B.     Tidak adanya kesadaran bahwa pembicaraan (komunikasi lisan) sebenarnya merupakan sarana untuk mencapai tujuan bisnis
C.     Tak berpikir soal tujuan komunikasi sehingga tidak merumuskan pesan yang akan disampaikan dan menetapkan khalayak yang menjadi sasaran
D.    Tak merancang dan menyampaikan pesan secara logis
E.     Bisa dilakukan spontan dengan tiba-tiba
20.  Faktor yang paling utama dalam komunikasi lisan adalah..
A.    Abjad
B.     suara dan bunyi
C.     getaran
D.    kata-kata
E.     angka-angka
21.  Komunikasi yang berlangsung dari satu pihak saja adalah komunikasi..
A.    Satu arah
B.     Dua arah
C.     Horizontal
D.    Vertical
E.     Tertulis
22.  Agar komunikasi dapat berlangsung dengan mudah, cepat dan tepat, maka harus memperhatikan…
A.    Alat komunikasi
B.     Asas-asas komunikasi
C.     Definisi komunikasi
D.    Factor komunikasi
E.     Unsur komunikasi
23.  Faktor – faktor penghambat Komunikasi efektif, kecuali...
A.    Kurangnya kemampuan
B.     Sikap yang kurang tepat
C.     Kurangnya pengetahuan
D.    Kurang memahami sistem sosial
E.     Indera yang baik
24.  Cara mengatasi hambatan dan memperbaiki komunikasi agar menjadi lebih efektif adalah:
A.    Komunikasi yang disampaikan oleh komunikator kepada kemunikan mendapat tanggapan positif,
B.     Komunikasi yang disampaikan oleh kemunikator mendapat tantangan dari komunikan.
C.     Memelihara iklim komunikasi terbuka
D.    komunikasi yang disampaikan oleh kemunikator kepada komunikan
E.     membatasi komunikasi anatar pegawai
25.  Cara pengumpulan fakta dan informasi adalah melalui….
A.    Dialog dan konsultasi
B.     Temu-kenal masalah dan merumuskan masalah
C.     Pendekatan pemecahan masalah
D.    Gaya untuk pengambilan keputusan
E.     Melakukan kegiatan sosial
26.  Agar peserta rapat mengetahui masalah yang akan dibahas sehingga dapat bermanfaat bagi organisasi , maka. ..
A.    Hendaklah tahu waktu
B.     Tidak ada pemberitahuan
C.     Jangan lupa alasan utama pada penyelenggaraan rapat
D.    Menyebarkan agenda rapat
E.     Tidak menyelenggarakan rapat diluar jam kerja
27.  Komunikasi terjadi menurut hirarki organisasi dengan jaringan komando sehingga mengikuti pola komunikasi formal, disebut..
A.    Komunikasi non formal
B.     Komunikasi resmi
C.     Komunikasi non resmi
D.    Komunikasi informal
E.     Komunikasi biasa
28.  Contoh komunikasi langsung dan tidak dibatasi jarak adalah
A.    Wawancara melalui media
B.     Komunikasi melalui surat
C.     Naskah
D.    Dialog dua orang, wawancara maupun rapat
E.     Komunikasi lewat telephone
29.  Berikut ini etika yang tidak tepat dalam melayani panggilan telepon masuk adalah...
A.    Mengucapkan kata halo
B.     Mengangkat telepon pada dering ketiga
C.     Mengucapkan salam
D.    Menutup telepon lebih cepat dari pada penelepon
E.     Menyimak dengan baik
30.  Segala kegiatan yang berhubungan dengan penyaluran informasi dari satu tempat ke tempat yang lain disebut...
A.    Telekomunikasi
B.     Elektromagnetik
C.     Teleprocessing
D.    data processing
E.     Informasi
31.  Tujuan dilakukannya pencatatan keuangan adalah, kecuali..
A.    Untuk memberikan gambaran aktivitas keuangan perusahaan
B.     Memberikan informasi terkait perubahan keuangan
C.     Memastikan keuangan perusahaan tidak dislewengkan
D.    Mempermudah mengetahui kondisi perusahaan
E.     Mempersulit dilakukannya perbaikan
32.  Pembukuan sederhana yang hanya mencatat pemasukan dan pengeluaran perusahaan dinamakan..
A.    Pembukuan tunggal
B.     Pembukuan berganda
C.     Pembukuan relevan
D.    Pembukuan procedural
E.     Pembukuan kompleks
33.  Sebagai bahan pertanggung jawaban dalam suatu organisasi merupakan  salah satu dari fungsi....
A.    Laporan
B.     Surat
C.     Formulir
D.    Dokumen
E.     Arsip
34.  Laporan yang dibuat secara periodik atau rutin dalam jangka waktu tertentu...
A.    Laporan  analisa
B.     Laporan visual
C.     Laporan lisan
D.    laporan berkala
E.     Laporan  insidential
35.  Seluruh kekayaan perusahaan dikurangi kewajiban dinamakan..
A.    Harta perusahaan
B.     Kewajiban
C.     Tabungan
D.    Modal perusahaan
E.     Simpanan perusahaan
36.  Istilah administrasi perkantoran dalam kepustakaan luar negeri disebut…
A.    Office planning                   
B.     Office organizing
C.     Office administrative                       
D.    Office work
E.     Office management
37.  Berikut ini yang termasuk dalam perencanaan perkantoran (office planning), yaitu…
A.    Anggaran (budgeting)                        
B.     Pengorganisasian perkantoran
C.     Waktu perkantoran                              
D.    Pelayanan kantor
E.     pegawai perkantoran
38.  Ruang lingkup administrasi meliputi kegiatan kantor dan sarana fasilitas kerja perkantoran. Berikut ini yang termasuk salah satu kegiatan kantor adalah..
A.    Tata usaha                                          
B.     Analisis perkantoran
C.     Tata hubungan                                
D.    Pengawasan perkantoran
E.      Kepegawaian
39.  Kegiatan untuk mengumpulkan informasi tentang bekerjanya sesuatu, yang selanjutnya informasi itu digunakan untuk menentukan alternative yang tepat dalam mengambil keputusan merupakan pengertian…
A.    Administrasi
B.     Evaluasi
C.     Referensi
D.    Manajemen
E.     Pengawasan
40.  Kegiatan memastikan bahwa sasaran dan hal yang telah direncanakan berjalan sesuai dengan harapan atau target merupakan  pengertian …
A.    Pengawasan kantor
B.     Perencanaan kantor
C.     Pengarahan kantor                      
D.    Pengkordinasian kantor
E.     Pengorganisasian


Tidak ada komentar:

Posting Komentar